Baik sahabat kompeten, saya akan coba sedikit menguraikan tentang sistem kerja motor injeksi, sebelum sahabat kompeten harus mengetahui tentang perubahan sistem pada sepeda motor sebelumnya, dalam istilah jawa kita jangan melupakan leluhur.. Baik sahabat kompeten sebelum motor injeksi lahir secara masal perlu kita ketahui bahwa kakak dari motor injeksi adalah motor konvensional (karburator) secara dasar fungsi karburator adalah mencampur bahan bakar dan udara menjadi kabut secara tepat. Dari pemahaman tersebut akan kita gali, untuk memahami sistem injeksi walaupun nanti akan ada tambahan komponen lain pada sistem injeksi, tetapi pada dasarnya perubahan Sistem kerja tidaklah begitu besar perubahannya, OK sahabat kompeten kembali ke laptop ya, Karburator yaitu sebuah komponen yang bertugas untuk mencampur bahan bakar dengan udara menjadi kabut dalam pemahaman ini intinya si karburator memiliki peran atau tugas wajibnya menjadikan bercampurnya bahan bakar + udara bercampur, soal bahan bakar+udara bercampuryang jelas harus benar benar bercampur bukan sekedar di aduk aduk seperti gula Sam kopi ya bos... Tetapi bercampurnya bahan bakar+udara ini harus kita ketahui siapa yg mencampur dan tujuan dicampur untuk apa, yang menyebabkan campurnya bahan bakar dan udara bisa bercampur karena ada hisapan dari ruang bakar maka bahan bakar yg ada didalam karburator akan terhisap masuk keruang bakar bersamaan dengan udara, proses masuknya bahan bakar dan udara ini tidak lepas dari fungsi karburator yg harus bisa menyesuaikan Berapa jumlah udara dan bahan bakar yg dibutuhkan mesin dan harus sesuai artinya sesuai itu Tentunya ada rumusan nya yaitu bercapurnya bahan bakar+udara yg ideal adalah 1:14 (satu banding empat belas) untuk mendapatkan nilai itu komponen karburatorlah yg akan menyesuaikan secara tepat. Ok sahabat kompeten sedikit dasar untuk motor konvensional, pembahasan intinya adalah sistem injeksi, pada sistem injeksi bahan bakar dan udara apakah perlu dicampur menjadi kabut dengan tepat,jawabannya adalah YA, artinya dari dasar tersebut secara prinsip masih sama.. Tetapi komponen yang akan digunakan disinilah yang sedikit berbeda, Pada motor injeksi disebut sistem injeksi dalam bahasa medis injeksi berarti disuntik atau dalam bahasa anak muda di semprot,.. Apa yang disemprotkan pada motor dengan sistem injeki sahabat tentunya adalah bahan bakar, sedang udara mengalir sesuai kevakuman / hisapan pada ruang bakar, yang nantinya bahan bakar disemprotkan tentunya dalam bentuk kabut secara tepat sesuai jumlah dan waktu yg dibutuhkan sepeda motor, komponen yg menyemprotkan itu disebut Injektor pada sistem motor injeksi. Yang mana semprotan tersebut diatur secara elektronik oleh komponen motor injeksi... Demikian sekilas pemahaman tentang dasar kerja motor injeksi, intinya prinsip Kerja motor konvensional tidak jauh berbeda dengan motor injeksi, hal ini kami tulis untuk lebih meyakinkan bahwa teman teman yg sudah tau tentang karburator lebih percaya diri bahwa pasti bisa belajar tentang motor injeksi.. Tetao semangat sampai ketemu di tulisan saya berikutnya..
#ayo.kursus.
#mekanik.ganteng.
#mas.jen.Ok
No comments:
Post a Comment
“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”